Selasa, 13 Desember 2011

rencana pelaksanaan pembelajaran terbaru


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Mutiara Singaraja
Kelas/ Semester           : V/ 1
Mata pelajaran             : Matematika
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi                    :
1.                  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B.     Kompetensi Dasar             :
1.2.            Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB.
C.     Indikator                           :
1.2.1.      Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan KPK da FPB.
D.    Tujuan Pembelajaran                     :
1.                  Melalui demonstrasi siswa dapat menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan KPK dan FPB.
·         Nilai budaya dan karakter bangsa yang terintegrasi   :
-          Teliti.
-          Tekun.
-          Kerja keras.
-          Pantang menyerah.
E.     Materi Pembelajaran
Untuk mencari KPK caranya adalah sebagai berikut.
1.      Tentukan faktorisasi prima dari bilangan-bilangan yang akan dicari KPK-nya.
2.     Kalikan semua faktor prima bilangan-bilangan tersebut. Jika ada faktor prima yang sama, pilihlah faktor prima dengan pangkat terbesar.

Untuk mencari FPB adalah sebagai berikut.
1.      Tentukan faktorisasi prima dari bilangan-bilangan yang akan dicari FPB-nya.
2.      Kalikan faktor-faktor prima yang sama dari bilangan-bilangan tersebut. Jika ada faktor yang sama dengan pangkat berbeda, ambil faktor dengan pangkat terkecil.
Contoh penggunaan KPK dan FPB dalam kehidupan sehari-hari
1.      Lita pergi ke salon rambut setiap 30 hari sekali. Sedangkan Putri pergi ke salon rambut yang sama setiap 18 hari sekali. Setiap berapa hari sekali Lita dan Putri dapat pergi ke salon bersama-sama?
2.      Ibu akan mengemas 90 mi instan dan 48 biskuit ke dalam beberapa kantung plastik. Berapa banyak kantong plastik yang Ibu butuhkan agar mi instan dan biskuit tersebut dapat dikemas dalam beberapa kantong plastik dengan isi sama banyak untuk setiap kantong plastik?
Jawaban
1.      Faktorisasi prima dari 30 = 2 × 3 × 5
Faktorisasi prima dari 18 = 2 × 32
KPK dari 30 dan 18 = 2 × 32 × 5 = 90
Jadi, Lita dan Putri dapat pergi ke salon bersama-sama setiap 90 hari sekali.
2.     Faktorisasi prima dari 90 = 2 × 32 × 5
Faktorisasi prima dari 48 = 24 × 3
FPB dari 90 dan 48 = 2 × 3 = 6
Jadi, kantong plastik yang dibutuhkan Ibu adalah 6 kantong plastik.
F.      Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan     : PMRI (Pendidikan Matematika Realistik)
2.      Metode            : ceramah, penugasan, dan demonstrasi.
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Guru bersama siswa mengucapkan salam pembuka.
b.      Kegiatan apersepsi (guru mengingatkan kembali konsep KPK dan FPB yang sudah dipelajari sebelumnya dengan memberikan contoh soal ).
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
-          Guru menyampikan materi singkat mengenai KPK dan FPB dalam pemecahan masalah sehari-hari.
-          Siswa menyimak penjelasan guru.
-          Guru menyampaikan masalah kontekstual
-          Guru memberikan contoh soal mengenai penggunaan KPK dan FPB dalam pemecahan suatu masalah
-          Guru membimbing siswa menemukan konsep KKPK dan FPB dalam pemecahan masalah sehari-hari.
b.      Elaborasi
-          Guru memberikan LKS kapada masing-masing siswa.
-          Guru mebimbing siswa dalam mengejakan LKS.
-          Beberapa siswa mengerjakan LKS di papan tulis.
-          Siswa lain menanggapi.
c.       Konfirmasi
-          Guru memberikan umpan balik berupa pengutan kepada siswa.
-          Guru memberikan konfirmasi mengenai jawban siswa.
-          Guru bersama siswa melakukan refleksi.
3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Guru mengadakan evaluasi.
c.       Guru memberikan tindak lanjut.
H.    Sumber Belajar
1.      Buku ‘Matematika’ untuk SD dan MI Kelas V. Pengarang Dwi Priyo Utomo dan Ida Arijjany. Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.      Buku’Terampil Berhitung Matematika’ untuk SD Kelas V. Pengarang Tim Bina Karya Guru. Penerbit Erlangga.
3.      Media berupa permen dan plastik
4.      LKS
I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Tehnik penilaian          : Tes.
2.      Bentuk instrumen        : Uraian.
3.      Contoh instrumen       : -
Soal
1.      Doni mencuci sepedanya setiap 6 hari sekali. Sedangkan Rosi mencuci sepedanya setiap 8 hari sekali. Hari ini tanggal 4 Juli Doni dan Rosi mencuci sepeda bersama-sama. Tanggal berapa mereka akan mencuci sepeda bersama-sama lagi?
2.      Siswa kelas V terdiri atas 24 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Semua siswa tersebut akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang sebanyak-banyaknya. Setiap kelompok terdiri atas anak laki-laki dan anak perempuan yang sama banyaknya. Berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan dalam setiap kelompok?
Jawaban
1.      Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan cara mencari KPK-nya terlebih dahulu.
Doni mencuci sepedanya setiap 6 hari sekali.
Rosi mencuci sepedanya setiap 8 hari sekali.
Faktorisasi prima dari 6 = 2 × 3
Faktorisasi prima dari 8 = 2 × 2 × 2 = 23
KPK dari 6 dan 8 = 23 × 3 = 24
Doni dan Rosi dapat mencuci sepeda bersama-sama setiap 24 hari sekali.
Jika hari ini tanggal 4 Juli, maka 24 hari lagi adalah tanggal 28 Juli. Jadi, mereka dapat mencuci sepeda bersama-sama lagi pada tanggal 28 Juli.
2.      Permasalahan di atas dapat kita selesaikan dengan terlebih dahulu mencari
FPB dari 24 dan 16.
Faktorisasi prima dari 24 = 2 × 2 × 2 × 3 = 23 × 3
Faktorisasi prima dari 16 = 2 × 2 × 2 × 2 = 24
FPB dari 24 dan 16 = 23 = 8
Jadi, jumlah kelompok paling banyak yang dapat dibentuk adalah 8 kelompok.
Banyaknya anak laki-laki dalam 1 kelompok = 24 : 8 = 3
Banyaknya anak perempuan dalam 1 kelompok = 16 : 8 = 2
Jadi, setiap kelompok terdiri atas 3 anak laki-laki dan 2 anak perempuan.

J.       Rubrik penilaian
1.      Aspek kognitif
Terdiri dari 2 soal. Masing-masing jawaban benar skor 50.
Jawaban kurang tepat skor 20.
2.      Lembar observasi
No
Nama Siswa
Kriteria
Teliti
Tekun
Kerja keras
Pantang menyerah
T
S
R
T
S
R
T
S
R
T
S
R
1













2













Keterangan: T (tinggi), S (sedang), R (rendah).
Nilai Siswa = ∑ Skor x 100
                        SMI
Kriteria Nilai   : 0 – 37            = Tidak tuntas (E)
                         38 – 67           = Tidak tuntas (D)
                         68 – 77           = Tuntas (C)
                         78 – 87           = Tuntas (B)
                         88 – 100         = Tuntas (A)
K.    Pemberian tindak lanjut
1.      Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT): Mempelajari materi selannjutnya mengenai pengukuran.

tanks to: I Md sumarga jaya selaku kepala sekolah SD Mutiara Singaraja, I Made Egar Gunawan selaku guru pamong, dan I Made Merta selaku guru mata pelajaran Matematika






1 komentar: