Selasa, 24 April 2012

RPP karakter bangsa terbaru


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Mutiara Singaraja
Kelas/ Semester           : V/ 2
Mata pelajaran             : Matematika
Alokasi Waktu            : 3 x pertemuan

A.      Standar Kompetensi        :
6.  Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan bangun datar.
B.     Kompetensi Dasar             :
6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
C.     Indikator                           :
6.4.1.      Menentukan sifat-sifat kesebangunan
6.4.2.      Menentukan sumbu simetri dan simetri lipat dari berbagai bangun datar.
6.4.3.      Menentukan simetri putar dari berbagai bangun datar.
D.    Tujuan Pembelajaran                     :
1.      Melalui demonstrasi siswa dapat menentukan sifat-sfiat kesebangunan.
2.      Melalui diskusi siswa dapat menentukan sumbu simetri dan simetri lipat dari berbagai bangun datar.
3.      Melalui diskusi siswa dapat menentukan simetri putar dari berbagai bangun datar.

·         Nilai budaya dan karakter bangsa yang terintegrasi yaitu:
1.      Melalui pemberian tugas siswa dapat teliti dalam mengerjakannya.
2.      Melalui diskusi kolompok siswa dapat berkerjasama dengan temannya.
3.      Dalam pembelajaran siswa dapat disiplin dalam pembelajaran dan kegiatan diskusi.
4.      Melalui pemberian tugas siswa dapat memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Sifat-sifat kesebangunan
Perhatikan bangun-bangun berikut!
      
Trapesium ABCD dan PQRS dikatakan sebangun karena;
a.       Memiliki bentuk yang sama.
b.      Memiliki ukuran yang sama atau sebanding
c.       Kedua bangun tersebut saling berhimpit
d.      Memiliki sudut-sudut yang bersesuaian sama besar
2.      Sumbu simetri dan simetri lipat
Simetri berarti seimbang pada bagian atas, bawah, kanan, dan kiri. Jika kedua belah bagian suatu benda sama, dikatakan simetris. Sumbu simetri adalah garis lipatan yang terbentuk satelah melakukan simetri lipat. Sedangkan simetri lipat adalah gerak lipat yang memindahkan bangun ke bangun itu sendiri.
Perhatikan contoh berikut!
`m` adalah garis lipat atau sumbu simetri, sedangkan ke empat cara melipatnya disebut `simetri lipat`, jadi bangun tersebut memiliki 4 simetri lipat.


3.      Simetri putar
Suatu bangun datar, jika diputar pada titik pusat yang sama, dapat kembali menempati bingkainya lebih dari satu kali dalam satu putaran penuh, bangun itu dikatakan memiliki simetri putar. Banyaknya simetri putar suatu bangun adalah banyaknya kemungkinan benda itu diputar sehingga tepat menempati bingkainya kembali.
Perhatikan contoh dibawah ini!
Segitiga ABC (I) adalah sebuah segitiga samasisi dengan sudutsudut A, B, dan C. Titik P adalah titik pusat segitiga samasisi ABC. Jika segitiga ABC (I) diputar dengan titik pusat P sejauh 120o searah jarum jam, maka posisinya menjadi seperti pada gambar II. Posisinyamenjadi: A menempati B, B menempati C, dan C menempati A. Jika posisi gambar II diputar lagi sejauh 120o, maka posisinya menjadi seperti pada gambar III, dan posisi sekarang (dari keadaan I) menjadi: A menempati C, B menempati A, dan C menempati B. Jika posisi III diteruskan dengan putaran 120o lagi, maka posisinya seperti pada gambar IV tampak A kembali ke A, B kembali ke B, dan C kembali ke C seperti keadaan awal pada gambar I.
Gerak putar yang diperlihatkan tersebut disebut simetri putar.
Gambar II memperlihatkan putaran pertama,
Gambar III memperlihatkan putaran kedua,
Gambar IV memperlihatkan putaran penuh.



F.      Strategi Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran   : Realistic Mathematics Education (RME)
2.      Metode                         :  ceramah, penugasan, tanya jawab, dan demonstrasi.

G.    Kegiatan Pembelajaran
·         Pertemuan I (2 x 35 menit)
1.      Kegiatan Awal (15 menit)
a.       Guru bersama siswa mengucapkan salam pembuka.
b.      Kegiatan apersepsi (anak-anak perhatikan ubin yang ada dibawah kalian! Bagaimanakah bentuknya?)
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (45 menit)
a.       Eksplorasi
-          Guru memberikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan kesebangunan.
-          Siswa menyimak permasalahan dari guru.
-          Guru membimbing siswa dalam memecahkan masalah tersebut.
-          Masing-masing siswa menyiapkan jawaban atas permasalahan yang diberikan.
-          Siswa diarahkan untuk mendiskusikan jawabannya dengan temannya.
-          Siswa menyimpulkan suatu konsep dari hasil diskusi melalui bimbingan guru.
-          Guru memberikan contoh soal yang berkaitan pengukuran sudut
b.      Elaborasi
-          Guru memberikan LKS kapada masing-masing siswa.
-          Guru mebimbing siswa dalam mengejakan LKS.
-          Beberapa siswa mengerjakan LKS di papan tulis.
-          Siswa lain menanggapi.

c.       Konfirmasi
-          Guru memberikan umpan balik berupa pengutan kepada siswa.
-          Guru memberikan konfirmasi mengenai jawaban siswa.
-          Guru bersama siswa melakukan refleksi.
3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Guru memberikan tindak lanjut.

·         Pertemuan II (3 x 35 menit)
1.      Kegiatan Awal (15 menit)
a.       Guru bersama siswa mengucapkan salam pembuka.
b.      Kegiatan apersepsi (anak-anak pernahkah memperhatikan kupu-kupu atau layang-layang?apabila ditarik garis di tengah secara vertikal maka akan terdapat bagian kanan dan kiri yang sama.)
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (80 menit)
a.       Eksplorasi
-          Guru memberikan permasalahan kontekstual yang simetri lipat dan simetri putar.
-          Siswa menyimak permasalahan dari guru.
-          Guru membimbing siswa dalam memecahkan masalah tersebut.
-          Masing-masing siswa menyiapkan jawaban atas permasalahan yang diberikan.
-          Siswa diarahkan untuk mendiskusikan jawabannya dengan temannya.
-          Siswa menyimpulkan suatu konsep dari hasil diskusi melalui bimbingan guru.
-          Guru memberikan contoh soal yang berkaitan pengukuran sudut
b.      Elaborasi
-          Guru memberikan LKS kapada masing-masing siswa.
-          Guru mebimbing siswa dalam mengejakan LKS.
-          Beberapa siswa mengerjakan LKS di papan tulis.
-          Siswa lain menanggapi.
c.       Konfirmasi
-          Guru memberikan umpan balik berupa pengutan kepada siswa.
-          Guru memberikan konfirmasi mengenai jawaban siswa.
-          Guru bersama siswa melakukan refleksi.
3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Guru memberikan tindak lanjut.

H.    Sumber Belajar
1.      Buku ‘Matematika’ untuk SD dan MI Kelas IV. Pengarang Soenarjo. 2008 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.      Buku ‘Matematika’ untuk SD dan MI Kelas IV. Pengarang Dwi Priyo Utomo dan Ida Arijany. 2008 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas.
3.      Media berupa alat peraga
4.      LKS
I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Tehnik penilaian          : Tes dan Non-tes
2.      Bentuk instrumen        : Uraian dan Lembar Observasi
3.      Contoh instrumen       : terlampir

Lembar Observasi
No
No. Induk siswa
Kriteria

Skor
Teliti
kerjasama
disiplin
Tanggung jawab
1






2






3






dst






*Keterangan:
Penilaian dilakukan dengan skor skala 5 yaitu: 5 (sangat baik), 4 (baik), 3 (cukup), 2 (kurang), 1(sangat kurang) pada kolom yang tersedia.

Untuk menentukan nilai siswa:
Nilai Siswa =
Kriteria Nilai   : 0 – 37            = Tidak tuntas (E)
                         38 – 67           = Tidak tuntas (D)
                         68 – 77           = Tuntas (C)
                         78 – 87           = Tuntas (B)
                         88 – 100         = Tuntas (A)









Singaraja, ...... April 2012
Peneliti,



Komang Budiarta
NIM 0811031323
 


Guru mata pelajaran
Matematika V



Made Merta
NIP -
 









Mengetahui,
Kepala Sekolah
SD Mutiara Singaraja



I Md Sumarga Jaya, S.Pd, M.Pd.
NIP 19681120198804 1 001











LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Pertemuan I (siklus I)
Nama siswa     : .........................
Tujuan             :
1.      Dapat menentukan kesebangunan antar bangun datar melalui sifat-sifat kesebangunan.

Dari gambar-gambar di bawah ini, bangun datar mana yang sebangun? Selidiki berdasarkan sifat-sifat kesebangunan!

Jawaban:
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Pertemuan II (siklus I)
Nama siswa     : .........................
Tujuan             :
1.      Dapat menentukan sumbu simetri dan simetri lipat suatu bangun datar.
2.      Dapat menentukan simetri putar suatu bangun datar.

a.       Tunjukkan gambar-gambar di bawah ini yang mempunyai simetri lipat. Kemudian gambarlah semua sumbu simetrinya dan hitunglah banyaknya





b.      Tentukan banyaknya simetri putar bangun-bangun di bawah ini.
Oval: fOval: eOval: dOval: cOval: bOval: a
Jawaban:
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................













TES HASIL BELAJAR SIKLUS I

NAMA                       :
NO. ABSEN              :
Jawablah soal-soal di bawah ini!
1.      Dua orang tukang masing-masing mengerjakan tugasnya di ruangan yang berbeda. Tukang I memasang keramik berbentuk persegi dengan ukuran 30 cm × 30 cm. Tukang II memasang marmer berbentuk persegi yang berukuran 60 cm x 60 cm. Apakah keramik dan marmer itu sebangun? Jelaskan.

2.      Pak Bayu membuat kolam berbentuk persegi panjang. Panjang kolam 5 m dan lebar 3 m. Apakah bentuk kolam Pak Bayu sebangun dengan persegi panjang di samping? Jelaskan.

3.      Nita mempunyai selembar kertas putih berukuran panjang 30 cm dan lebar 21 cm. Kertas itu dilipat menurut sumbu simetri, seperti gambar di atas, sehingga menjadi persegi panjang kecil. Apakah kertas semula dengan kertas lipatan itu sebangun?

4.      Buatlah gambar persegi yang sebangun dengan persegi di samping!



5.        Tentukanlah simetri lipat dari ke duan bangun berikut ini!
6.        Tentukan banyaknya simetri lipat pada bangun berikut!



7.        Tentukan simetri lipat dan simetri putar dari bangun-bangun berikut ini!
8.        Apakah sepasang segi lima dan sepasang segi enam selalu sebangun?
9.        Perhatikan gambar berikut ini!
10.    Ayah membeli kaca jendela berbentuk persegi panjang. Ukuran kaca dengan bingkai jendela sama dan sebangun. Berapa kemungkinan cara yang dapat ayah lakukan untuk memasang kaca jendela?


Twitter: @budiHamadara 
Facebook: KomangBudi Anaketiga

1 komentar:

  1. asalamualaikum. pak saya meminta file dalam bentuk word? soalnya gambarnya tidak jelas

    BalasHapus

silabus kelas 4 revisi 2019. 12 komponen silabus LENGKAP!!!

SILABUS KURIKULUM 2013 Nama Sekolah : SDN MANIKLIYU Kelas : IV (empat) Semester : 1 Tahun Pelajaran : 2018-2019 Tema...